MathSTEAM Space

MathSTEAM Space adalah platform digital interaktif yang dikembangkan oleh tim peneliti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai pusat sumber belajar matematika kontekstual berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Platform ini dirancang untuk membantu guru dan siswa jenjang SMP memahami konsep matematika melalui pengalaman belajar yang interaktif, kreatif, dan terhubung dengan kehidupan nyata.

Melalui kombinasi modul digital, video, simulasi, game edukatif, dan sistem Learning Management System (LMS), MathSTEAM Space menghadirkan pembelajaran yang bukan hanya informatif, tetapi juga eksploratif dan kolaboratif. Guru dapat memanfaatkan fitur kelas virtual, penugasan otomatis, serta pelaporan capaian belajar; sementara siswa diajak untuk bereksperimen, berkreasi, dan menyelesaikan proyek berbasis fenomena nyata.

MathSTEAM Space dikembangkan dengan filosofi “Turning Mathematics into Meaningful Creation”, menjadikan matematika bukan sekadar kumpulan rumus, tetapi bahasa universal untuk memahami dunia dan menciptakan solusi nyata bagi berbagai permasalahan kehidupan.

MathSTEAM Hero

Visi & Misi

Visi

Menjadi pusat inovasi pembelajaran matematika kontekstual berbasis STEAM yang interaktif, inklusif, dan berdaya saing global, guna menumbuhkan generasi pembelajar yang kritis, kreatif, kolaboratif, dan berkarakter abad ke-21.

Misi

  1. Mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan STEAM, melalui pengembangan konten digital kontekstual yang mengaitkan sains, teknologi, seni, dan rekayasa dalam satu ekosistem belajar.
  2. Menyediakan platform pembelajaran digital interaktif yang mendukung guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, dan asesmen autentik.
  3. Memberdayakan guru melalui pelatihan, panduan digital, dan komunitas pendidik MathSTEAM Educator untuk mendorong transformasi pedagogik di sekolah.
  4. Mengembangkan sistem Learning Management System (LMS) yang adaptif dan analitik, untuk membantu pemantauan perkembangan belajar siswa berbasis data.
  5. Mendorong kolaborasi antara akademisi, industri, dan komunitas pendidikan dalam riset, inovasi, dan hilirisasi pembelajaran matematika berbasis STEAM di Indonesia.

Mengapa MathSTEAM Space?

Kami menggabungkan microlearning, gamifikasi, dan komunitas aktif untuk membantu siswa memahami STEM dengan cara menyenangkan dan aplikatif.

Platform ini mendorong pembelajaran mandiri dan kolaborasi, agar setiap siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Mengapa MathSTEAM Space

Tim & Kolaborator

Prof. Dr. H. Nanang Priatna

Prof. Dr. H. Nanang Priatna

Bill Chairy Rizki Bustaren, M.Pd.

Bill Chairy Rizki Bustaren, M.Pd.

Muhammad Alfi Faiz

Muhammad Alfi Faiz

Muhamad Prabu Adi Pratama

Muhamad Prabu Adi Pratama

Alifia Salsabila

Alifia Salsabila

Aisyah Syaharani

Aisyah Syaharani

Impact & Partnership

MathSTEAM Space telah menjangkau ratusan siswa dan guru, meningkatkan minat belajar STEM. Kami berkolaborasi dengan berbagai lembaga pendidikan dan komunitas STEM untuk memperluas dampak edukasi.

Partner 1 Partner 2